Bleaching Kulit

Kulit hitam memang terlihat eksotis, namun tidak sedikit wanita yang ingin memiliki kulit putih bersinar. Berbagai perawatan dilakukan agar warna kulit terlihat lebih putih. Selain rutin menggunakan body lotion dan lulur yang mengandung bahan pemutih kulit, bleaching adalah salah satu perawatan untuk memutihkan kulit. Banyak salon-salon kecantikan menawarkan jasa bleaching kulit. Sebenarnya apa itu teknik bleaching kulit?

BleachingKulitBleaching adalah masker kulit seluruh tubuh dengan menggunakan krim bleaching yang menggunakan bahan kimia seperti peroksida, ammonia dan zat-zat kimia lainnya yaitu hydroquinone, kojic acid, dan asam azelaic. Gunanya untuk mengurangi dan menghilangkan zat pigmen pada kulit. Pigmen ini bertugas untuk memberi warna kulit. Pigmen ini sendiri diproduksi oleh zat melanin.

Krim bleaching yang dinamakan brightener dan lightener, juga mengandung AHA dan tretinoin yang digunakan sebagai proses pengelupasan kulit. Proses pengangkatan sel kulit ini selain menghentikan proses pigmentasi, juga bertugas menggantikan kulit lama dengan kulit baru yang segar.

Seperti itulah proses bleaching kulit. Karena memakai banyak bahan kimia dan menghentikan kerja suatu enzim, bleaching kulit tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika ingin melakukannya sebaiknya konsultasikan dengan tim ahli dari Mahreen Beauty.

Bleaching kulit dapat diartikan juga menghilangkan / mengurangi pigmen yg berwarna gelap yg diproduksi oleh sel melanosit yg disebut melanin pada kulit. Manfaat yg bisa kita dapatkan setelah melakukan bleaching kulit adalah kulit lebih cerah, bercahaya, terang, bersih & halus.

Teknik bleaching kulit menggunakan bahan kimia, seperti peroksida, amonia, & zat-zat kimia lainnya yg bisa menghilangkan pigmen melanin dengan cara oksidasi. Dengan demikian, meski sedikit tetap saja ada efek sampingnya yaitu dapat menyebabkan iritasi sementara seperti gatal-gatal, terutama jika melakukan pertama kali treatment ini.

Gatal-gatal yg terjadi pada proses bleaching kulit disebabkan dua hal, yaitu kulitnya sensitif dan faktor iritasi ringan yang bersifat sementara. Jika yang terjadi karena iritasi ringan yg bersifat sementara, itu berarti kulit kita dalam proses adaptasi. Untuk perawatan selanjutnya gatal-gatal yg timbul akan hilang dengan sendirinya.

Berikut langkah-langkah bleaching kulit:

Pertama, guyurkan air biasa pada lengan sambil digosok unutuk menghilangka debu-debu yg menempel selama kurang lebih lima menit.

Ke dua, olesi tangan dengan adonan beaching kulit yg sudah siap pakai. Penggunaanya jangan sampai terkena kuku karena dapat menyebabkan kuku perih & kering. Setelah itu, tunggu bahan bleaching kulit yg sudah melekat pada kulit menjadi kering selama kurang lebih 20 menit.

Ke tiga, bersihkan dengan air.

Ke empat, oleskan madu selama 10 menit. Madu ini berfungsi untuk menjaga kelembutan, kekenyalan & kelenturan kulit setalah penggunaan bahan bleaching kulit.

Terakhir, bersihkan dengan menggunakan sabun. Hasilnya yaitu kulit menjadi lebih putih, halus & rambut tangan berubah menjadi warna pirang.

Peringatan penggunaan Bleaching Kulit

Dalam dunia medis itu tidak mengenal istilah bleaching kulit. Karena pada dasarnya pigmen kulit kita akan terus diproduksi, sehingga akan percuma saja kita melakukan bleaching kulit jika tidak terus menerus. Biasanya yg dapat membuat kulit sampai bulu tangan juga putih, adalah zat-zat yg berbahaya untuk kulit. Apalagi kalau dilakukan tiap 2-3 bulan sekali.

Yang penting di sini untuk merawat kulit kita agar terkesan menarik adalah bagaimana membuat kulit kita (apapun warnyanya) terlihat lebih cerah, sehat dan segar. Ini lebih baik dibandingkan dengan putih tapi tidak sehat atau tidak segar, bukan?

Bila anda ingin melakukan bleaching kulit, berkonsultasilah dulu dengan tim ahli dari Mahreen Beauty.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *