Jenis Pemutih Untuk Kecantikan Kulit

Berbagai macam jenis pemutih dan manfaatnya dapat saya sharekan sebagai berikut:

Vitamin C

Manfaat vitamin C untuk kulit banyak sekali, diantaranya adalah:
  1. Meremajakan Kulit
Kulit akan menjadi serasa lebih cerah dan bersih dengan vitamin C karena vitamin C mampu merangsang pembentukan kolagen. Kolagen berperan aktif untuk meregenerasi kuliyt sehabis luka. Kerutan dan lipatan pada kulit anda dapat tersamarkan dengan vitamin C. Karena itu, mengkonsumsinya secara rutin adalah tindakan tepat.

Manfaat vitamin C untuk Meremajakan Kulit

Manfaat vitamin C untuk Meremajakan Kulit
  1. Menangkal Radikan Bebas
Vitamin C mampu menangkal panas sinar matahari sehingga kulit anda tetap aman. Selain itu, radikal bebas pun dapat ditangkal sehingga anda yang terkana polusi atau asap tetap akan mempunyai kulit yang bagus jika rajin mengkonsumsi vitamin C.
  1. Sebagai penahan air
Untuk anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya konsumsi vitamin C secara rutin karena vitamin C mampu menahan air sehingga kulit anda tetap lembab dan lentur. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, sebaiknya konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C. Jika anda menyuntikkan vitamin C dan tidak mengetahui dosis yang tepat, makan akan menyebabkan ginjal anda bermasalah. Penyintikan vitamin C melebihi dosis dan tidak disertai konsumsi air akan memberatkan kerja ginjal

Hydroquinon

Kita mungkin merasa familiar dengan kata hidrokuinon, banyak produk yang mengklaim tidak mengandung hidrokuinon dan merkuri. Apakah hidrokuinon berbahaya sehingga banyak produk menghindari hidrokuinon? Mengapa dokter masih sering memberikan hidrokuinon untuk pasiennya? Apakah benar hidrokuinon menyebabkan ketergantungan? Mungkin pertanyaan-pertanyaan semacam itu sering anda tanyakan jika mendengar kata hidrokuinon. Berikut kita akan membahas 12 fakta mengenai hidrokuinon yang mungkin akan menjawab pertanyaan-pertanyaan anda.
  1. Hidrokuinon adalah zat pemutih yang paling sering digunakan untuk pengobatan kasus pigmentasi seperti kulit kusam dan flek. Cara kerja hidrokuinon adalah dengan memberikan hambatan terhadap aktivitas enzim tirosinase yang berperan dalam pembentukan pigmen melanin. Selain itu hidrokuinon dapat menyebabkan kerusakan terhadap enzim tirosinase dan sel-sel melanosit (sel penghasil pigmen).Hidroquinon
    Hidrokuinon bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim tirosinase
  2. Menurut standar terapi dari WHO (World Health Organization) untuk pengobatan flek (melasma), memang disarankan menggunakan hidrokuinon dengan dosis tertentu yang dikombinasikan dengan retinoid acid dan kortikosteroid. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa sebagian besar dokter masih menggunakan hidrokuinon sebagai pengobatan flek.
  3. Hidrokuinon seringkali dianggap menyebabkan ketergantungan. Ketika berhenti menggunakan krim dengan hidrokuinon, seringkali muncul masalah baru yaitu kulit menjadi lebih kusam dan sulit kembali ke kondisi semula. Hal ini disebut dengan rebound phenomena dari hidrokuinon. Kondisi ini terjadi karena penghentian mendadak dari hidrokuinon. Untuk menyiasati agar hal tersebut tidak muncul, penggunaan hidrokuinon harus dihentikan secara bertahap (tappering off) dan diawasi oleh dokter.
  4. Hidrokuinon bersifat photosensitive, artinya pada saat menggunakan hidrokuinon, wajah kita akan menjadi lebih sensitif terhadap cahaya terutama matahari. Inilah yang menjelaskan mengapa krim dengan hidrokuinon sebaiknya tidak digunakan saat pagi hari karena dapat membuat wajah menjadi kemerahan atau terasa terbakar. Penggunaan tabir surya wajib hukumnya jika kita menggunakan krim dengan hidrokuinon.
  5. Hidrokuinon tidak boleh dijual bebas, pada tahun 2008 penggunaan hidrokuinon tanpa resep dokter hanya diperbolehkan sampai kadar 0,03%. Namun sekarang penggunaan hidrokuinon hanya boleh digunakan oleh dokter saja karena itulah krim-krim yang dijual bebas di pasaran harus menyertakan label bahwa tidak mengandung hidrokuinon.

Tretinoin

Tretinoin efektiv digunakan sebagai terapi tunggal untuk pengobatan jerawat yang ringan sampai moderat. Penggunaan tretinion mencapai hasil maksimal selama 3 sampai 4 minggu pemakaian rutin. tretinoin juga telah digunakan secara efektiv bersamaan dengan beberapa antibiotik seperti Benzoyl Peroxide atau jenis antibiotik topikal lainya dikarenakan kemampuannya untuk meningkatkan daya serap kulit terhadap antibiotik-antibiotik tersebut. Keuntungan lain dari penggunaan tretinoin bersama antibiotik atau bahan-bahan antimikroba adalah mengurangi iritasi yang disebabkan oleh tretinoin.
Efek samping yang paling sering terjadi dari penggunaan topikal tretinoin adalah terjadinya iritasi lokal. Pasien terkadang juga mengalami kemerahan, kulit kering dan pengelupasan pada daerah yang terkena agen., dimana efek samping tersebut akan hilang secara sempurna dalam waktu sekitar 3 minggu. Selain itu, tretinoin juga dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Untuk menghindari terjadinya iritasi lokal dari penggunaan tretinoin, maka pasien disarankan untuk menggunakan dengan dosis yang rendah dan dioles sangat tipis terlebih dahulu.

Arbutin /Alpha Arbutin

Alpha arbutin merupakan generasi terbaru dalam dunia kosmetik, merupakan senyawa biosintesis yang murni dan mudah larut dalam air, Mempunyai peranan yang signifikan di dalam dunia kosmetik sebagai ingredient yang berfungsi untuk ligtening dan lebih aman di bandingkan senyawa hidroquinon serta merkuri.
Hingga saat ini belum di temukan adanya effek samping yang timbul pada pemakaian produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan aktif atau ingredient Alpha Arbutin. Lalu bagaimanakah sebenarnya cara atau mekanisme kerja dari pada alpha arbutin? Alpha arbutin bekerja melalui mekanisme penghambatan biosintesis melanin di lapisan epidermal melalui penghambatan enzymatic oksidasi tyrosine dan dopa. terbukti alpha arbutin ini lebih effektif, cepat dan lebih aman untuk di gunakan sebagai skin lightening.
Ekstrak dari tanaman Bearberry. Ini adalah pemutih alami ganda yg menghambat aktivitas tirosinase kulit untuk mengurangi pembentukan melanin dan bahkan keluarnya flek. Di formulasikan secara spesial yang menjadikannya sebagai whitening agent no. 1 di dunia. LifeSprakle akan menghasilkan kulit yang putih dan halus dengan waktu yang singkat. Manjakan kulit anda dengan LifeSprakle dan rasakan hasilnya langsung setelah pemakaian pertama.
Alpha arbutin dikembangkan untuk menghambat produksi tirosinase dan menghambat pembentukan melanin aman tanpa menyebabkan efek samping tambahan dan lebih baik dari dari pada d-kojic acid dan hydroquinone.
Produsen Alpha Arbutin menyatakan bahwa bahan aktif yang murni ini bekerja dengan menghilangkan “dark spots”, mencerahkan warna kulit, dan mencegah tanning (bahkan setelah ter-ekspos sinar UV matahari) dan penggelapan pada kulit LEBIH BAIK dari pada d-kojic acid dan hydroquinone – bahan yang biasa digunakan dokter kulit / dermatologis untuk menghilangkan bintik pada kulit yang biasa disebabkan oleh penuaan.
Alpha Arbutin sebagai ALPHA (a-glucosidic) mencegah aktifitas tyrosinase LEBIH efektif dibandingkan versi beta-nya. Formulasi alpha menawarkan stabilitas dan efisiensi lebih tinggi, menghasilkan pencerahan pada kulit yang bekerja dengan cepat dan lebih efisien. Manfaat lainnya juga pengurangan flek, bintik hitam dan blemish yang cepat dan perlindungan dari sinar UV matahari yang dapat menggelapkan dan merusak kulit. Alpha arbutin diekstrak dari daun semak bearberry, cranberry, blueberry, dan sebagian besar jenis pir. Alpha Arbutin banyak di temukan di tumbuhan dan buah-buahan yang ada di daerah dingin seperti Bearberry.
Bearberry biasanya tumbuh di lintang tinggi, dari Skotlandia timur melintasi Skandinavia, Rusia, Alaska, Kanada dan Greenland. Awalnya tumbuhan tersebut digunakan untuk menghentikan sengatan lebah (tumbuhan tersebut terbukti dapat mengobati sengatan dan kudis). Namun, ternyata ada kegunaan yang baru diketahui dari tanaman tersebut yang belakangan diketahui kandungan Alpha Arbutin yang tinggi, tentunya zat tersebut dapat mencegah produksi enzyme tyrosinase, sehingga menghasilkan warna kulit yang lebih cerah dan pengurangan pigmentasi kulit, dengan membatasi kedua produksi melanin dan erythema (kulit memerah). Tidak ada masalah dengan kompatibilitas dengan produk pemutih kulit lainnya, namun dalam prakteknya tidak ada alasan untuk menggunakan Alpha arbutin dengan sesuatu yang lain.
Sebagai fakta, menurut penelitian, Alpha arbutin bertindak lebih cepat, lebih aman dan lebih efisien daripada hidroquinon, kojic acid atau arbutin beta. Keselamatan Apha arbutin tidak mengandung pengawet dan bebas dari patogen tertentu. Jumlah non-patogen mikro-organisme dengan kurang dari 100 CFU per g Alpha arbutin memenuhi pedoman mikrobiologi CTFA.

Licorice

Ekstrak Licorice diperoleh dari akar tanaman Glycyrrhiza Glabra atau yang lebih dikenal dengan nama Akar Manis. Saat ini sudah banyak studi yang mempelajari tentang manfaat Ekstrak Licorice bagi kulit wajah, terutama pada kasus-kasus pigmentasi seperti noda-noda hitam di wajah.
Ada banyak komponen yang terkandung dalam Ekstrak Licorice, antara lain glabridin, glikosida, flavonoid dan tanin. Menurut National Center for Biotechnology, komponen pada Ekstrak Licorice yang dapat membantu mencegah pigmentasi pada kulit wajah adalah Glabridin. Glabridin bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim tirosinase di dalam sel melanosit yang membentuk melanin.

Ekstrak Licorice ini juga dapat ditemukan dalam produk WHITE-NENG® Skin Whitening Cream.

AHA

Manfaat AHA untuk perawatan kecantikan kulit wajah
AHA bekerja dengan cara meluruhkan lapisan epidermis kulit (eksfoliasi). Ini memungkinkan sel-sel kulit mati mengelupas dan mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru, sehingga kulit menjadi lebih cerah, segar, dan kenyal. Oleh karena itu secara perlahan eksfoliasi juga mampu menghilangkan flek hitam maupun warna kulit yang tidak merata.
cream aha dr andini
AHA juga berfungsi sebagai antiaging. Sebagai anti penuaan dan pelembut kulit, AHA biasanya digunakan untuk memperbaiki tekstur kulit, menghilangkan kerutan halus, dan pigmentasi yang tidak merata.
Berikut ini adalah mafaat AHA untuk perawatan kecantikan kulit wajah :
  • Meningkatkan produksi kolagen alami kulit
  • Meningkatkan dan memperbaiki elastisitas dan lapisan kulit
  • Mengurangi komedo dan jerawat
  • Mengecilkan pori-pori kulit yang membesar
  • Melembutkan dan menghaluskan tekstur kulit
  • Meratakan warna kulit karena hiperpigmentasi, maupun karena bintik-bintik penuaan
  • Mengurangi garis dan kerutan halus di wajah
  • Efektif untuk merawat kulit normal kering
  • Memperbaiki kulit yang kusam karena sinar matahari
Namun demikian AHA juga memiliki efek samping :
  • Pada orang yang sensitif sering muncul rasa terbakar atau panas pada wajah
  • Menyebabkan pengelupasan kulit
  • Pada orang yang sensitif bisa menyebabkan wajah memerah dan bengkak
  • Bisa memicu iritasi kulit
  • Pemakaian yang berlebih menyebabkan kulit menjadi kering

Satu langkah penting saat menggunakan AHA adalah wajib menggunakan sunblock. Ini disebabkan karena AHA bisa meningkatkan kepekaan kulit Anda terhadap sinar matahari. Dengan menggunakan sunblock, efek ini bisa dikurangi.

Mercury

Mercury bekerja dengan membendung dan menekan melanin di dalam lapisan kulit, sehingga permukaan kulit tampak putih pucat, tp lama kelamaan ketika tumpukan melanin sudah tak tertampunglg, maka jebol bendungan melanin tsb. Sehingga kulit dipenuhi flek-flek hitam yang menumpuk, menyebabkan kangker kulit seperti: basal cell, carcinoma, malignant, melanoma, malignum malonoma, dll.
Ciri dan efek merkuri dalam krim:
1. Kerusakan pada syaraf(khasus Alzheimer dan parkinson), gemetar, susah tidur, gangguan pengelihatan, emosi, pikun,depresi.
2. Dapat menghambat pertumbuhan janin dan mengakibatkan keguguran dan mandul.
3. Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar), dan bila pemakaian dihentikan akan timbul lagi dan bahkan lebih parah dan melebar.
4. Efek rebound (efek balik) yaitu memberikan respon berlawanan, yakni kulit akan gelap/kusam saat pemakaian di hentikan.
5. Bagi wajah yg tadinya bersih lambat laun akan timbul flek
6. Kerusakan saluran pencernaan
7. Kerusakan pada ginjal dan hati
8. Kerusakan organ tubuh lainnya
9. Bau logam merkuri tercium atau sebagian menggunakan parfum menyengat untuk menghilangkan bau logam tsb
10. Warna umumnya sangat mencolok, karena tidak menggunakan bahan pewarna untuk kosmetik, tetapi menggunakan pewarna textil contoh: (cap kupu-kupu) warna kuning dan warna putihnya pearly (mengkilat seperti mutiara).
11. Umumnya menimbulkan rasa gatal yang amat sangat diawal pemakaian, tergantung jenis kulit
12. Kulit terasa perih dan merah umumnya 1-2 hari diawal
13. Kulit putih pada wajah tidak normal karena tidak sama dengan kulit bagian tubuh lainnya
14. Kulit dapat berubah putih dalam waktu singkat (1-2minggu) tergantung kadar merkuri, makin tinggi makin cepat putih.
15. Tidak timbul jerawat sama sekali, hal inidisebabkan lapisan kulit epidermis kita telah rusak, kulit tidak lagi mengandung protein dan melanin yang berfungsi melindungi kulit dari radiasi paparan sinar matahari sudah tidak berfungsi, sehingga jasad renik maupun kuman tidak akan menyukai kulit, bahkan nyamuk sekalipun. Jerawat dalam keadaan normal berfungsi sebagai indikator tingkat kandungan protein dalam kulit, bila anda lupa akan kebersihan kulit umumnya jerawat akan timbul, pada merkuri hal ini tidak terjadi lagi karena struktur protein kulit telah berubah dan menjadi rusak.
16. pori2 tampak mengecil dan halus, sebenarnya ini disebabkan lapisan kulit luar wajah kita yang telah tipis tergerus oleh logam merkuri, sehingga sekilas tampak mengecil dan halus. Untuk mengujinya anda bisa merasakan dengan mencoba di sinar matahari, kulit akan terasa terbakar, gatal dan disertai kemerahan, hal ini disebabkan melanin yg berfungsi melindungi wajah kita dari radiasi matahari tidak lagi berfungsi.
17. Produk yang benar, pemakaian siang hari selalu menggunakan SPF sehingga pada siang hari anda tidak akan merasakan rasa iritasi dan terbakar.
18. Bila anda tercemar merkuri, dan pemakaian dihentikan akan timbul jerawat kecil2 disertai rasa gatal
19. Bila pemakaian dihentikan akan timbul bintik2 hitam dibawah kulit segagian atau merata.
20. Warna putih pada kulit lama2 akan menjadi abu-abu lalu hitam/ kusam
21. Untuk tingkat parah akan menyebabkan kangker kulit, kerusakan jaringan tubuh bahkan kematian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *